Tuesday 7 June 2016

Candi Merak Klaten Yang Mungil Dan Indah

Candi Merak Klaten Yang Mungil Dan Indah - Meskipun hanya sebuah kota kecil di Jawa Tengah, tapi Klaten memiliki cukup banyak destinasi wisata yang murah meriah, termasuk wisata sejarah. Nah, kali ini kita sedikit membahas tentang salah satu objek wisata candi yang ada di Klaten, yaitu Candi Merak.

Menurut cerita, Candi Merak ini didirikan sekitar abad ke-9 hingga 10, yaitu pada masa Kerajaan Mataram Kuno. Kompleks candi Hindu ini  yang memiliki luas sekitar 2000 meter persegi yang didalamnya terdapat satu candi induk. Setelah dipugar, candi ini terlihat lebih cantik, dengan relief-relief yang sangat indah dan tak kalah dengan Candi Prambanan.

LOKASI : 

Candi Merak berlokasi di Dukuh Candi, Desa Karangnongko, Kecamatan Karangnongko, Kabupaten Klaten. Cukup dekat sih dari rumah mimin, hanya sekitar 10 menitan, heheheh... Dari Jogja lurus saja ke Timur arah Klaten. Kalau mau cepet mendingan setelah sampai di pertigaan lampu merah pabrik gula Gondang Winangun belok kiri. 

Ikuti saja jalannya lurus mentok pertigaan pasar Basin belok kanan. Sekitar 100 meter ada pertigaan yang ditengahnay ada pohon beringin lalu ambil kiri. Ikuti jalan tersebut sampai di kantor Kecamatan Karangnongko ada perempatan ambil kanan. Sekitar 100 meter mentok pertigaan lapangan ambil kiri. Tak jauh dari situ kamu bisa menemukan lokasi Candi Merak. Kalau masih bingung bisa tanya warga sekitar yaa...



FASILITAS :

Fasilitas yang tersedia di Candi Merak masih sangat minim. Saat ini belum tersedia area parkir kendaraan yang memadai, khususnya untuk roda empat. Untuk fasilitas MCK bisa nebeng di rumah warga sekitar hehe... Fasilitas musholla bisa memanfaatkan masjid yang ada di dekat candi. Orang jualan di sekitar candi juga hampir gak ada, tapi di deket-deket situ ada beberapa warung dan toko di depan kantor Kecamatan jadi gak perlu khawatir.

0 komentar :

Post a Comment