Saturday 8 March 2014

Punk Muslim

oi... oi... oi...
apa yang terlintas dipikiran kalian saat mendengarkan kata "PUNK" itu ? pasti tak jauh dari hal-hal Negatif seperti mabuk, mencopet, memalak, rambut mohawk, narkoba, anarkisme, anti kemapanan dan segala dinamika kehidupan jalanan lainnya. ya memang hanya itu saja yang ada dipikiran orang saat mereka melihat anak punk, Tapi ada juga anak punk yang sangatlah positif dan ini unik bahkan banyak orang yang tidak percaya dengan ini.
 


Punk merupakan subkultur yang lahir di London, Inggris. Pada awalnya, kelompok punk selalu dikacaukan oleh golongan skinhead. Namun, sejak tahun 1980-an, saat punk merajalela di Amerika, golongan punk dan skinhead seolah-olah menyatu, karena mempunyai semangat yang sama. Namun, Punk juga dapat berarti jenis musik atau genre yang lahir pada awal tahun 1970-an. Punk juga bisa berarti ideologi hidup yang mencakup aspek sosial dan politik.Punk lebih terkenal dari hal fashion yang dikenakan dan tingkah laku yang mereka perlihatkan, seperti potongan rambut mohawk ala suku indian, atau dipotong ala feathercut dan diwarnai dengan warna-warna yang terang, sepatu boots, rantai dan spike, jaket kulit, celana jeans ketat dan baju yang lusuh, anti kemapanan, anti sosial, kaum perusuh dan kriminal dari kelas rendah, pemabuk berbahaya sehingga banyak yang mengira bahwa orang yang berpenampilan seperti itu sudah layak untuk disebut sebagai punker.Punk juga merupakan sebuah gerakan perlawanan anak muda yang berlandaskan dari keyakinan we can do it ourselves. Penilaian punk dalam melihat suatu masalah dapat dilihat melalui lirik-lirik lagunya yang bercerita tentang masalah politik, lingkungan hidup, ekonomi, ideologi, sosial dan bahkan masalah agama. punk dapat dikategorikan sebagai bagian dari dunia kesenian. Gaya hidup dan pola pikir para pendahulu punk mirip dengan para pendahulu gerakan seni avant-garde, yaitu dandanan nyleneh, mengaburkan batas antara idealisme seni dan kenyataan hidup, memprovokasi audiens secara terang-terangan, menggunakan para penampil (performer) berkualitas rendah dan mereorganisasi (atau mendisorganisasi) secara drastis kemapanan gaya hidup. Para penganut awal kedua aliran tersebut juga meyakini satu hal, bahwa hebohnya penampilan (appearances) harus disertai dengan hebohnya pemikiran (ideas).

Itu sedikit gambaran tentang PUNK. tapi pernahkah kalian mendengar kata ini "PUNK MUSLIM" ? wohoo inilah yang samar-samar didalam jutaan bahkan milyaran komunitas punk. yups memang ada kog punk muslim itu. "Punk Muslim itu seperti komunitas punk lainnya. Kita tetap membawa counter-culture yang sama, yaitu mendobrak kebiasaan lama, anti mainstream. Mungkin bedanya di sini adalah selain kita berada dalam ideologi Punk , kita juga mengangkat ideologi Islam. Sederhananya seperti itu". Berada dalam lingkungan Punk itu jalan hidup kami tapi kami juga masih punya tuhan, masih mengakui nabi kita dan menjadikan Al - Qur'an sebagai pedoman hidup. punk muslim memang terdengar rancu karena seperti menggabungkan 2 sisi yang bertolak belakang, tapi kami tetap berusaha untuk benar-benar menjadikan diri ini punk dan menjauhi hal-hal yang dilarang oleh agama. bisa dengan kata lain kita adalah anak punk yang berjalan di sisi positif. :)


itu sedikit tentang punk muslim :) bila ada salah, ditunggu pembenarannya :)

SUWUN :D

0 komentar :

Post a Comment