Saturday 27 February 2016

Jaga Lingkungan Hidup

Agar fungsi utama hutan sebagai penjaga keseimbangan alam terjaga, maka eksistensinya harus tetap dipertahankan melalui pengaturan fungsi hutan. Untuk itu, penetapan hutan dilakukan berdasarkan fungsi hutan yang meliputi hutan konservasi, hutan lindung, dan hutan produksi. Hutan sebagai sumber penghasil berupa kayu dapat dilakukan pada hutan produksi. Sedangkan hutan konservasi dan hutan lindung berfungsi sebagai kawasan lindung yang memiliki fungsi utama melindungi kelestarian lingkungan hidup yang mencakup sumber alam, sumber daya buatan dan nilai sejarah serta budaya bangsa guna kepentingan pembangunan berkelanjutan. Selain berfungsi ekonomi, hutan menempati fungsi yang sangat penting dalam terciptanya keseimbangan ekosistem dan sebagai salah satu penentu sistem penyangga kehidupan.

Dalam terciptanya keseimbangan ekosistem, hutan memiliki peran yang paling menentukan untuk kehidupan berbagai makhluk hidup. Hutan merupakan habitat bagi tumbuh dan berkembangnya keanekaragaman jenis tumbuhan dan satwa. Terdapat ribuan jenis tumbuhan, satwa maupun mikroba yang hidup secara alami di hutan. Oleh karena itu, Indonesia terkenal sebagai salah satu negara yang mempunyai megadiversity jenis hayati dan merupakan megacenter keanekaragaman hayati dunia.



Sedangkan dalam kedudukannya sebagai salah satu penentu sistem penyangga kehidupan, hutan memberikan manfaat yang besar dalam mengatur tata air, mencegah banjir, mengendalikan erosi, mencegah intrusi air laut, dan memelihara kesuburan tanah. Hutan juga berperan sebagai penyerasi dan penyeimbang lingkungan global, melalui fungsi klimatologis dan sumber oksigen yang sangat potensial bagi seluruh makhluk yang ada di bumi. Kondisi hutan yang terpelihara dengan baik, diprediksi mampu mensuplai kebutuhan oksigen dan berperan dalam pencegahan pemanasan global dengan menyerap karbondioksida dari atmosfir.

Karena hutan memiliki manfaat yang sangat besar bagi kehidupan dan penghidupan, maka keberadaannya harus terus dilestarikan. Mari kita jaga dan lestarikan hutan …

0 komentar :

Post a Comment